Monday, February 25, 2013

Hardware, Software dan Brainware



3 Komponen Utama Penyusun Sistem Komputer 



Agar dapat digunakan untuk memproses instruksi-instruksi yang diberikan, maka sebuah komputer harus berbentuk sebuah sistem yang disebut dengan sistem komputer (Computer System). Terdapat tiga elemen yang membentuk sistem komputer yaitu hardware, software dan brainware.
Berikut definisi dari masing-masing elemen:

Hardware atau perangkat keras adalah komponen-komponen komputer yang secara phisik dapat dilihat dan berbentuk benda (peralatan). Yang termasuk hardware seperti Motherboard,prosessor, RAM, Hardisk, VGA dan lain-lain. Komponen-komponen ini dipasang pada tempat-tempat dan jalur-jalur yang sudah ditentukan.
Software atau perangkat lunak adalah program komputer yang berisi instruksi-instruksi untuk melakukan operasi tertentu pada komputer. Instruksi-instruksi dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman mulai yang bahasa tingkat rendah hingga tinggi. Yang termasuk software ini adalah Sistem Operasi (Operating System) dan program-program aplikasi yang digunakan dalam komputer. Biasanya program dasar dari komputer disimpan dalam memori (ROM dan RAM) sedangkan Sistem Operasi dan program aplikasi disimpan pada hardisk.

Brainware adalah manusia itu sendiri yang bertugas sebagai operator pada sebuah sistem komputer. Peranan manusia sebagai operator sangat penting sebab sebuah mesin tidak akan berfungsi jika tidak ada manusia yang mengendalikannya.

Ketiga elemen diatas harus saling berhubungan satu sama lain dan membentuk satu kesatuan untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan. Hardware tidak akan berfungsi bilamana tidak ada software yang menggerakkannya. Begitupula software tidak akan berarti apa-apa bilamana tidak ada hardware. Agar hardware dan software dapat berjalan seperti yang diharapkan maka harus ada brainware atau manusia yang mengoperasikannya. Kesimpulannya ketiga elemen ini haru memiliki hubungan yang saling menguntungkan (Simbiosis Mutualisme) agar sebuah sistem komputer dapat menghasilkan informasi dan data yang dibutuhkan.


Hardware Penyusun PC

Hardware komputer adalah perangkat keras atau perangkat nyata yang digunakan untuk membentuk sebuah PC. Pada dasarnya sebuah PC tersusun dari komponen-komponen yang meliputi :
-   Process device (unit Pemrosesan),
-   Backing Storage ( unit penyimpanan),
-   Input divice (unit masukan),
-   Output device (unit keluaran),
-   Periferal ( unit tambahan).


         1. PROCESS DEVICE (UNIT PEMROSESAN).

     a.     Power Supplay.

  Power supply berfungsi untuk mengkonversi listrik, menyediakan aliran listrik tetap dan membagi daya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh masing-masing perangkat.

Bagian belakang power supplay terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik, selain itu juga terdapat fan yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak power supply tersebut. Bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU atau motherboard.

     b.     Motherboard.

  Motherboard merupakan papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat berbagai komponen elektronik sehingga menjadi saling berhubungan dan bisa berkomunikasi.

Motherboard memiliki komponen untuk mendukung kinerja CPU dan kinerja software. Didalamnya juga terdapat BIOS yang berfungsi untuk mengenali dan mengatur pemakaian hardware. Bios tersebut include dalam suatu chipset dan berbentuk IC terkadang dalam bentuk cari yang menempel melingkar pada mobo(main board). Beberapa komponen lain yang terpasang pada motherboard adalah socket microposesor, slot untuk memori RAM, non-volatile memory atau firmware disebu BIOS, clock generator yang mengkoneksikan antar hardware, slot card atau expansion card, power generator.
   
      c.      Processor.


  Processor merupakan otak dari komputer yang  bertugas sebagai komponen yang memproses perintah logika, mengeksekusi perhitungan kompleks, merespon dan mengelola segala intruksi dan semua aktivitas kinerja komputer.

 d.     RAM (Random Access Memory).

   Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. Jenis RAM yang paling banyak digunakan saat ini adalah SD RAM dan DDR.

-   SD RAM

Synchronous DRAM, adalah type DRAM yang berjalan dengan

mensinkronisasikan dengan bus memory. DRAM mengirimkan
informasi dengan kecepatan yang luar biasa. Dimulai pada tahun
1997 dengan chipset 430VX dan 430TX, sebagian besar dari Chipset
Intel sudah mendukung penggunaan SDRAM yang menjadikannya
populer di system yang baru.


-   DDR

Double Data Rate (DDR) SDRAM adalah design evolusi terbaru dari

SDRAM standar yang dapat mengirimkan data dua kali lebih cepat.

Perbedaan antara SD RAM dan DDR RAM terletak pada jmlah pemisah pada konektor nya,  pada SD RAM terdapat satu pemisah sedangkan pada DDR RAM terdapat dua pemisah.

      e.      Kartu Grafis.

  Kartu grafis adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari memory dan kipas sebagai pendingin.  Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar.

      f.       Rom (Read Only Memory).

Merupakan type memori yang secara permanen atau semi permanen

menyimpan data. Dinamakan read-only karena sangat sulit atau bahkan
tidak mungkin untuk menulis ke dalam memori jenis ini. ROM sering
disebut sebagai nonvolatile memory karena data yang telah disimpan ke
dalam memori ini akan tetap berada di situ, bahkan ketika catu daya
dimatikan.


ROM memiliki 4 program utama yaitu :

1. POST (Post On Self Power).
2. CMOS Setup
3. Bootstrap Loader.
4. BIOS (Basic Input/Output System).


     g.     CD/DVD ROOM.

CD/DVD ROOM merupakan hardware yang digunakan untuk membaca atau menuliskan data pada piringan cakram.

      h.    Floppy drive disk

Floopy Drive dsik adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca atau menulis data pada media yang disebut dengan floppy drive yang merupakan media penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan fleksibel serta dilapisi lapisan plastik berbentuk kotak atau persegi panjang.

Kapasitas disket yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera
pada disket), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,41 MB.


           2.      BACKING STORAGE ( UNIT PENYIMPANAN).

       a.     Harddisk (HDD)

   Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder. Harddisk berisi piringan magnetis. Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

            3.      INPUT DIVICE (UNIT MASUKAN).

  Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.

Berikut ini adalah sebagian contoh dari input device 

     a.     Keyboard.

  Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan.

      b.     Mouse.

  Mouse adalah input device yang dignakan untuk menginput perintah dan melakukan perpindahan pointer secara cepat.

      c.      Scanner

  Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks dari hard media yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

      d.    Mikropon dan Headphone

   Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

            4.      OUTPUT DEVICE (UNIT KELUARAN).

      a.     Monitor

  Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor

      b.    Printer

  Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.

         c.       speaker

  Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

            5.      PERIFERAL ( UNIT TAMBAHAN).

     a.     Casing

    Casing merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU.

Fungsi lainnya yang utama adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya, terutama CPU, seperti motherboard, vga card, soundcard dan lain-lain.

b.Kartu Suara

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.

sound card dibagi menjadi tiga yaitu:
-   Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
-   Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
-   Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.


      c.      LAN card

  LAN Card adalah alat yang digunakan untuk menyambungkan dua buah komputer
atau lebih dengan menggunakan media transmisi seperti kabel, infra merah dan lain sebagainya.


     d.     Heatsink Fan (HSF) atau Cooling Device

  Merupakan peralatan yang berfungsi sebagai Pendingin pada hardware yang di atasnya diletakkan HSF, Penyerap panas yang dihasilkan oleh prosesor saat bekerja dan dilengkapi dengan kipas pendingin di atasnya agar suhu pada prosesor tetap stabil dan sebagai Penjaga sirkulasi udara di dalam casing.

e.         Modem

    Pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus.


 

0 comment:



Followers

Total Pageviews

Flag Counter